Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengikuti Seleksi Bina BNI dan Tahapan Yang Harus Kamu Ketahui

Halo, bro and sis! Gimana nih kabar kalian hari ini? Semoga selalu ceria dan penuh semangat ya. Kali ini, aku mau berbagi pengalaman seru serta informasi mengenai tahapan apa saja ketika mengikuti tes atau seleksi di program magang Bina BNI dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Jadi, buat kalian yang mau daftar atau lagi cari-cari informasi seputar Bina BNI, simak baik-baik, ya!

Pengalaman Tes Program Bina BNI

Apa itu Program Bina BNI?

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, yuk kita kenalan dulu sama Program Bina BNI. Bina BNI adalah sebuah program dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang ditujukan buat kalian yang baru lulus SMA sampai yang udah pegang gelar sarjana atau S1. Ini adalah program magang yang dirancang untuk durasi tiga tahun dengan kontrak yang diperbarui setiap tahunnya. Jadi, buat kalian yang mungkin baru setahun sudah merasa “ah, ini bukan jalanku”, bisa aja loh mundur tanpa ada penalty sama sekali.

Tahapan Tes Bina BNI yang Wajib Kamu Tau!

Oke, cus kita bahas apa aja sih tahapan rekrutmen Bina BNI ini. Aku bakal jelasin satu-satu secara singkat. Disclaimer ya ini adalah pengalaman di tahun 2019, jadi mungkin bakal ada sedikit perbedaan buat kalian yang ikut seleksi Program Bina BNI di tahun 2023, 2024, dan seterusnya.

  • Seleksi Administrasi

Ini adalah tahap pertama yang harus kalian lewati. Pastikan semua dokumen kalian lengkap dan scan dengan jelas ya. Berkas-berkas yang biasanya diperlukan antara lain:

- Curriculum Vitae (CV)

- Pas Foto Terbaru

- Foto Full Badan

- Ijazah

- Transkrip Nilai

- SKCK

- Oh ya, ada syarat tinggi badan juga, untuk laki-laki minimal 165 cm dan perempuan 160 cm.

Menurut informasi terbaru, di tahap awal ini kalian akan mengisi link atau formulir secara online yang berisikan data-data pribadi serta pengalaman kerja, asal sekolah, dll. Di tahap awal ini pun kalian akan diminta untuk membuat video perkenalan secara singkat.

  • Initial Interview

Kalo kalian lolos seleksi administrasi, selanjutnya kalian bakal diundang untuk interview awal. Tips dari aku, siapin mental dan berkas kalian dengan rapi, jangan sampai ada yang ketinggalan. Pengalaman aku sendiri, pemberitahuan untuk interview bisa datang mendadak, jadi harus selalu siap sedia. Di tahap interview ini ceritakan pengalaman, kelebihan, bahkan hobi kalian yang mungkin relevan dengan posisi yang dilamar. Ingat, kesan pertama itu penting!

  • Interview User 1

Setelah initial interview, akan ada interview lanjutan yang biasanya digelar di kantor wilayah BNI. Di tahap ini, kalian harus lebih detail menjelaskan tentang diri kalian, pengalaman kerja atau magang, dan pengetahuan tentang perbankan atau bidang yang relevan dengan jurusan kalian. Di sini, mereka ingin melihat lebih dalam lagi tentang potensi dan kemampuan yang kalian miliki.

  • Psikotest atau Online Assessment

Lolos dari interview, selanjutnya adalah tahap psikotest. Psikotest ini penting banget untuk mengukur kepribadian dan kemampuan berpikir kalian. Akan ada berbagai jenis tes, seperti Test Koran, Wartegg, Analog Verbal, dan lainnya. Menurut informasi terbaru proses psikotest akan dilakukan secara online. Soal online assesment ini meliputi persamaan kata dan hitungan sederhana.

  • Interview Psikolog

Jika kalian lolos psikotest, selanjutnya adalah interview dengan psikolog. Di sini, semua jawaban tes psikologi kalian akan digali lebih dalam oleh interviewer. Jujurlah dengan semua jawaban kalian karena kejujuran sangat dihargai di tahap ini.

  • Interview User 2

Tahap ini lebih mendalam dan detil dari interview sebelumnya. Kalian akan ditanya lebih banyak tentang pengalaman, dan juga visi kalian di masa depan, terutama terkait dengan karir di BNI.

  • Medical Check Up (MCU)

Nah, jika kalian lolos interview, tahap selanjutnya adalah MCU. Tahap ini untuk memastikan kalian dalam keadaan sehat dan fit untuk bekerja. Pastikan kalian berpuasa sebelum MCU untuk hasil yang lebih akurat. MCU meliputi pemeriksaan rontgen thorax, pengambilan darah, sample urin, EKG, dan pemeriksaan fisik.

  • Pemberkasan

Terakhir, setelah lolos semua tahap di atas, kalian akan diminta untuk melengkapi berbagai dokumen dan berkas. Siapkan semua dokumen tersebut dengan lengkap dan jelas.

Closing Thoughts

Itu dia tahapan seleksi di Bina BNI. Ingat, persiapan yang matang dan kejujuran adalah kunci sukses kalian dalam setiap tahapan. Jangan lupa juga untuk terus update informasi terbaru dari BNI, karena bisa jadi ada perubahan atau info penting yang perlu kalian ketahui.

Semoga berhasil, ya! Jangan ragu untuk bertanya atau berbagi pengalaman kalian ketika mengikuti seleksi Program Bina BNI di kolom komentar. Let’s get it and be part of the future of banking with BNI! Keep spirit and always prepare the best, bro and sis!

FAQ

Apa itu Bina BNI?

Bina BNI adalah program magang yang diselenggarakan oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Program ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman kerja para pemuda Indonesia yang baru lulus SMA hingga fresh graduate Sarjana. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi dunia kerja, khususnya di sektor perbankan, dengan menyediakan pengalaman praktis dan pengetahuan industri yang relevan.

Magang Program Bina BNI berapa lama?

Program magang Bina BNI berlangsung selama 3 tahun. Setiap tahunnya, kontrak magang akan dinilai dan diperpanjang berdasarkan kinerja dan kebutuhan organisasi. Peserta magang dapat memilih untuk tidak melanjutkan program setelah tahun pertama tanpa ada penalti.

Berapa lama pengumuman hasil seleksi Bina BNI?

Waktu untuk pengumuman hasil seleksi Bina BNI bisa berbeda-beda tergantung pada tahapan yang sedang berlangsung. Umumnya, pengumuman hasil untuk tiap tahapan seleksi seperti administrasi, psikotes, dan wawancara bisa memakan waktu sekitar satu sampai dua minggu. Untuk pengumuman final setelah semua tahapan biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama, bisa sampai satu bulan, tergantung pada jumlah peserta dan penilaian yang dilakukan oleh BNI.

Sumber Gambar: Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

Posting Komentar untuk "Pengalaman Mengikuti Seleksi Bina BNI dan Tahapan Yang Harus Kamu Ketahui"