Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Perbedaan Tugas AO dan FAO di PNM Mekaar

Perbedaan AO dan FAO di PNM - Apa sih bedanya Account Officer (AO) dan Finance Administration Officer (FAO) di PT Permodalan Nasional Madani (PNM)? Ketika teman-teman akan melamar pekerjaan ke PNM Mekaar pasti akan bingung dan bertanya-tanya mengenai perbedaan jobdesk antara AO dan FAO. Oleh karena itu kali ini saya akan coba jelaskan perbedaannya berdasarkan pengalaman serta pengetahuan saya ketika masih bekerja di PNM.

Perbedaan AO dan FAO di PNM

Perbedaan AO dan FAO di PNM

Account Officer bertugas untuk melakukan pengenalan produk pembiayaan, melakukan proses pengajuan pembiayaan, dan juga melakukan penagihan uang angsuran. Semua pekerjaan AO dilakukan 80% di lapangan. Sedangkan Finance Administration Officer bekerja didalam kantor dan mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan keuangan seperti melakukan penginputan data dan mengelola petty cash. Simple nya adalah AO bekerja 80% di lapangan dan 20% di kantor, sedangkan FAO bisa saya katakan 100% bekerja di kantor. Untuk penjelasan lebih lengkapnya akan saya sampaikan dibawah.

Tugas Account Officer (AO) di PNM Mekaar

1. Melakukan Pengenalan Produk Pembiayaan Kepada Calon Nasabah

Sebagai AO tugas teman-teman yang pertama adalah melakukan pengenalan produk pembiayan Mekaar kepada calon nasabah (perempuan) dari keluarga pra-sejahtera alias cari nasabah. Jadi setiap harinya teman-teman akan diberikan target untuk mencari nasabah ataupun membuat kelompok baru dengan berbagai cara dan strategi yang nantinya teman-teman akan ketahui setelah bergabung di PNM. Apakah sulit? Menurut saya mencari nasabah di PNM Mekaar tidaklah sulit karena mayoritas ibu-ibu sudah familiar dan mengetahui tentang pembiayaan di Mekaar.

2. Melakukan Proses Pengajuan Pembiayaan

Untuk menjadi nasabah di PNM Mekaar, calon nasabah harus melalui beberapa tahapan sebelum mendapatkan pembiayaan atau sebelum pencairan dana. Sebagai AO tugas teman-teman adalah membantu calon nasabah dengan melakukan proses pembiayaan dari awal sampai dengan selesai. Namun untuk prosesnya tidak akan saya jelaskan disini, yang jelas teman-teman harus melaksanakan proses pembiayaan sesuai dengan SOP atau ketentuan yang berlaku.

3. Melakukan Penagihan Angsuran

Setelah proses pembiayaan selesai dan nasabah sudah menerima uang pencairan, maka tugas selanjutnya dari seorang AO adalah melakukan penagihan angsuran atau PKM setiap harinya. Teman-teman harus bertanggungjawab atas nasabah kelolaan sampai dengan lunas. Tugas yang satu ini mungkin menjadi tugas yang paling berat bagi teman-teman yang akan bergabung menjadi AO di PNM Mekaar, apalagi jika sebelumnya tidak ada pengalaman dalam hal tagih menagih. Tapi tenang saja, selama teman-teman menjalankan proses pembiayaan sesuai dengan SOP saya yakin 90% nasabah akan lancar dalam pembayaran angsuran. Oleh karena itu sangat penting bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kemudian rasa kekeluargaan dan saling membantu sesama karyawan di PNM pun sangat baik sehingga teman-teman tidak usah khawatir jika menghadapi kesulitan dalam hal penagihan uang angsuran.

Tugas Finance Administration Officer (FAO) di PNM Mekaar

1. Melakukan Kegiatan Administrasi dan Pengarsipan

Sebagai seorang FAO nantinya teman-teman akan bekerja dengan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan operasional. Ketika teman-teman AO mendapatkan nasabah baru, maka tugas FAO adalah menginput data-data calon nasabah tersebut kedalam sistem. Kemudian FAO juga bertugas untuk menginput data angsuran nasabah kedalam sistem setiap harinya.

2. Membantu Kepala Cabang / Kepala Unit Mekaar

Tugas yang kedua yaitu membantu Kepala Unit Mekaar dalam pelaksanaan administrasi dan operasional di Kantor Cabang. Ada beberapa pekerjaan yang memang harus dilakukan berdua oleh Kepala Unit dan FAO.

Untuk tugas FAO yang lainnya sudah saya buatkan artikelnya tersendiri, teman-teman bisa simak disini (baca: Tugas dan Tanggung Jawab FAO di PNM Mekaar)

Jadi Lebih Baik Menjadi AO atau FAO?

Memilih menjadi AO atau FAO itu semua tergantung dengan minat teman-teman. Jika senang bekerja di lapangan dan bertemu dengan orang-orang baru maka pilihlah menjadi Account Officer, namun jika lebih senang bekerja di kantor dan memiliki keahlian di bidang komputer maka pilihlah untuk menjadi FAO. Itu semua kembali lagi kepada pilihan masing-masing, namun perlu saya sampaikan untuk jenjang karir seorang AO lebih menjanjikan dibandingkan FAO. Seorang AO yang bekerja dengan baik dan selalu mencapai target bisa naik menjadi SAO (Senior Account Officer) dalam jangka waktu paling cepat satu tahun.

Nah itu adalah sedikit penjelasan terkait dengan perbedaan tugas AO dan FAO di PT PNM Mekaar. Apabila teman-teman masih belum jelas dan ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar. Terima kasih.

Sumber Gambar: Ilustrasi Wanita Sedang Berfikir (Photo by Magnet.me on Unsplash)

Posting Komentar untuk "Apa Saja Perbedaan Tugas AO dan FAO di PNM Mekaar"