Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Senior Account Officer (SAO) di PNM Mekaar

Tugas SAO di PNM - Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai tugas atau jobdesk dari seorang Senior Account Officer di PNM Mekaar. SAO merupakan salah satu jabatan yang ada didalam struktur organisasi Kantor Cabang Mekaar. Satu level di atas Account Officer (AO) dan satu level dibawah Kepala Cabang, jadi untuk SAO ini posisinya berada di tengah-tengah. Di perusahaan pembiayaan lain jabatan ini sering juga disebut sebagai Team Leader karena memiliki anggota tim dibawah koordinasinya. Sedangkan di PNM terkadang disebut juga sebagai Wakil Kepala Cabang.

Tugas SAO di PNM Mekaar

Cara Menjadi SAO di PNM

Perlu teman-teman ketahui bahwa untuk menjadi seorang SAO jalan satu-satunya adalah masuk menjadi AO terlebih dahulu. Berbeda dengan perusahaan pembiayaan lain yang biasanya membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Team Leader, di PNM tidak ada lowongan seperti itu. Untuk menjadi SAO teman-teman wajib memulai dari level AO terlebih dahulu (baca: Jenjang Karir AO PNM Mekaar).

Jumlah SAO di dalam suatu cabang bergantung pada kondisi cabangnya masing-masing. Biasanya dilihat dari total nasabah kelolaan dan juga total AO didalamnya, namun pada umumnya satu orang SAO akan memiliki kurang lebih 5 anggota tim.

Tugas SAO di PNM

Pada dasarnya tugas dari SAO adalah memimpin tim yang terdiri dari beberapa AO dan membantu Kepala Cabang dalam beberapa hal salah satunya adalah dalam proses pembiayaan. Saya akan berikan sedikit gambaran mengenai tugas dari teman-teman SAO sebagai berikut:

1. Bertanggungjawab Atas Pencapaian Tim

Ketika naik jabatan menjadi seorang SAO maka teman-teman harus bertanggungjawab atas target tim nya masing-masing, berbeda dengan AO yang hanya fokus pada capaian individu saja. Teman-teman harus memastikan bahwa anggota tim nya dapat mencapai target yang diberikan, baik dari perekrutan nasabah baru ataupun dari segi kolektibilitas. Namun selain target tim tentunya ada juga target individu yang harus dicapai oleh SAO.

2. Membantu Kepala Cabang

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa salah satu tugas dari SAO adalah membantu Kepala Cabang. SAO dan KC harus saling berkolaborasi dan melengkapi karena memang ada beberapa tugas dan tanggungjawab yang bisa dikerjakan bersama-sama.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya tugas SAO di PNM Mekaar adalah menjadi seorang Team Leader bagi anggota tim nya dan membantu Kepala Cabang dalam hal-hal yang berkaitan dengan proses pembiayaan. 

Mungkin hanya dua saja tugas yang bisa saya sampaikan, namun secara garis besar saya rasa sudah cukup untuk menggambarkan jobdesk dari Senior Account Officer. Karena untuk tugas-tugas yang lainnya saya rasa teman-teman AO pasti sudah paham dan mengetahuinya. Jadi jika ingin tahu lebih detailnya ayo bergabung dengan PNM hehe.

Sekian pembahasan kita kali ini semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, jika ada yang ingin bertanya atau ingin ditambahkan mari kita berdiskusi di kolom komentar. Terima kasih.

Sumber Gambar: Photo by CoWomen on Unsplash

Posting Komentar untuk "Tugas Senior Account Officer (SAO) di PNM Mekaar"