Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah BI Checking Mempengaruhi Lamaran Kerja?

Apakah BI Checking Mempengaruhi Lamaran Kerja - Baru-baru ini, gencar beredar cerita di media sosial tentang para fresh graduate yang gagal mendapat pekerjaan karena hasil BI checking-nya yang kurang baik. Ini bikin kehebohan dan jadi bahan pembicaraan hangat di jagat maya. Tapi, apa sebenarnya BI checking itu? Kenapa ini bisa jadi faktor penentu dalam penerimaan karyawan? Mari kita bahas lebih lanjut!

Apakah BI Checking Mempengaruhi Lamaran Kerja

Apa Itu BI Checking?

BI checking, atau yang kini disebut Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK adalah layanan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengecek atau melihat riwayat pinjaman atau kredit dari debitur. Jadi, misalnya kamu pernah ambil pinjaman atau punya kartu kredit, nah semua informasi tersebut akan tercatat di SLIK OJK baik itu yang lancar maupun yang menunggak. Gampangnya, ini adalah semacam catatan kredit kamu.

Kenapa BI Checking Jadi Persyaratan Melamar Kerja?

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih perusahaan butuh tahu soal catatan kredit kita saat melamar kerja? BI Checking atau SLIK adalah layanan resmi dari OJK yang bisa digunakan untuk melihat riwayat catatan kredit debitur, sehingga rekruter mungkin bisa sedikit menilai karakter kandidat dari catatat riwayat kreditnya. Di perusahaan pembiayaan, pemeriksaan SLIK terhadap calon karyawan merupakan suatu hal yang wajar. Tapi, nggak semuanya setuju kalau ini harus jadi syarat mutlak dalam melamar pekerjaan. Menurut beberapa sumber dari Kemenaker, BI checking nggak seharusnya jadi patokan utama. Tapi, terkadang perusahaan mau tahu soal catatan kredit kamu sebagai salah satu bahan pertimbangan.

Adakah Peraturan Resmi yang Mengatur?

Menurut Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi, BI checking nggak ada hubungannya dengan penerimaan karyawan secara langsung. Tapi, ada perusahaan yang memakai BI checking sebagai bahan pertimbangan. Kalau ditanya soal regulasi, sepertinya nggak ada aturan yang maksa perusahaan untuk melakukan BI checking pas penerimaan karyawan sih.

Benarkah BI Checking Jadi Syarat Lamar Kerja?

Sebenarnya, BI checking itu nggak wajib banget buat melamar kerja. Tapi, ada perusahaan yang tambahin syarat BI checking buat calon karyawannya. Gimana tanggapan pemerintah soal ini? Menurut Kemenaker, nggak boleh ada hambatan buat para pencari kerja. Chairul Fadly, Kepala Biro Humas Kemenaker, juga bilang kalau BI checking hanya boleh jadi pertimbangan, bukan syarat wajib.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebagai Pelamar Kerja?

Jadi, apa yang harus disiapkan buat kamu yang lagi cari kerja? Pertama-tama, kamu harus tahu persis apa yang diminta perusahaan. Kalau ada syarat BI checking, ya siap-siap aja. Jangan lupa juga buat selalu berhati-hati dalam urusan pinjaman, karena SLIK bukan hanya berpengaruh saat melamar kerja tapi juga mempengaruhi proses persetujuan pengajuan pinjaman kamu seperti KPR atau kredit kendaraan bermotor. Jadi jangan sampai SLIK OJK berdampak negatif buat karier kamu, ya!

Kesimpulan

Jadi, BI checking itu penting sih, tapi nggak semuanya setuju kalau ini harus jadi syarat wajib melamar kerja. Pemerintah sendiri nggak ada regulasi yang memaksa perusahaan untuk cek BI Checking pas rekrutmen. Intinya, BI Checking seharusnya jadi pertimbangan aja, bukan patokan utama. Nah, buat kamu yang lagi cari kerja, penting banget buat tahu apa yang diminta perusahaan. Dan, jangan sampai urusan BI Checking menghambat karier kamu, ya!

Sumber Gambar: Photo by rupixen on Unsplash

Posting Komentar untuk "Apakah BI Checking Mempengaruhi Lamaran Kerja?"