Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PNM Mekaar Apakah BUMN? Simak Infonya Disini

PNM Mekaar Apakah BUMN – PT Permodalan Nasional Madani atau yang biasa disingkat PNM adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan Mikro yang didirikan oleh pemerintah pada tanggal 1 Juni 1999. Berdasarkan informasi di situs resminya (pnm.co.id) saat ini PNM memiliki lima bidang usaha yang terdiri dari: Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), Jasa Manajemen, dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Sampai dengan saat ini PNM sudah memiliki 62 kantor cabang ULaMM dan 3.510 kantor cabang PNM Mekaar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai dengan Merauke. Pembiayaan Mekaar sendiri baru diluncurkan oleh PT Permodalan Nasional Madani di tahun 2015 dengan tujuan utamanya yaitu untuk memberikan layanan dan pembiayaan khusus untuk perempuan dari kalangan keluarga pra-sejahtera baik yang baru akan memulai usaha atau untuk mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

PNM Mekaar Apakah BUMN

PNM Mekaar Apakah Termasuk Perusahaan BUMN

Pada awalnya PNM merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang 100% sahamnya dimiliki oleh pemerintah, namun setelah menjadi bagian dalam Holding Ultra Mikro (BRI, Pegadaian, PNM) di tahun 2021 PT Permodalan Nasional Madani resmi melepaskan status perseroannya. Sehingga PNM saat ini tidak lagi berstatus BUMN dan menjadi salah satu anak perusahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Karena Mekaar adalah salah satu bidang usaha dari PNM maka bisa dipastikan PNM Mekaar pun bukan merupakan BUMN.

Terlepas dari statusnya yang bukan BUMN lagi, bekerja di PNM masih menjadi salah satu pilihan karir yang tepat. Selain gaji dan fasilitas, karyawan PNM juga bisa ikut andil dalam membantu perekonomian khususnya untuk perempuan dari kalangan keluarga pra-sejahtera. Tentunya dengan bergabung kedalam Holding Ultra Mikro dapat memberikan banyak relasi untuk dan memiliki peluang karir yang sangat luas untuk karyawannya. Untuk yang ingin mengetahui jenjang karir Account Officer di PNM Mekaar bisa simak artikel saya disini (baca: Ini Dia Jenjang Karir AO di PNM).

Mungkin sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jadi kesimpulannya adalah PNM sekarang sudah tidak lagi berstatus sebagai perusahaan BUMN. Semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman semua. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait perusahaan ini, teman-teman bisa membaca artikel yang saya buat di blog ini karena saya banyak membahas hal-hal yang berkaitan dengan PNM Mekaar.

FAQ

Apa itu PNM Mekaar?

PNM Mekaar adalah bagian dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang menyediakan layanan dan pembiayaan khusus untuk perempuan dari kalangan keluarga pra-sejahtera, baik yang baru memulai usaha atau yang ingin mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

Kapan PNM Mekaar didirikan?

Pembiayaan Mekaar diluncurkan oleh PT Permodalan Nasional Madani pada tahun 2015.

Apa tujuan utama dari pembiayaan Mekaar?

Tujuan utama pembiayaan Mekaar adalah untuk memberikan layanan dan dukungan finansial kepada perempuan dari kalangan keluarga pra-sejahtera agar dapat memulai atau mengembangkan usaha mereka.

Mengapa PNM Mekaar tidak lagi berstatus sebagai BUMN?

PNM tidak lagi berstatus sebagai BUMN setelah menjadi bagian dalam Holding Ultra Mikro (BRI, Pegadaian, PNM) pada tahun 2021.

Sumber Gambar: Photo by Remi Turcotte on Unsplash 

Posting Komentar untuk "PNM Mekaar Apakah BUMN? Simak Infonya Disini"