Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Saya Untuk Mendapatkan Pekerjaan Dari Jobstreet

Pada postingan kali ini saya akan bagikan pengalaman pribadi ketika berhasil mendapatkan pekerjaan dari situs pencari kerja Jobstreet. Ada beberapa tips dan trik yang akan saya bahas disini dan semoga apa yang saya tulis bisa sedikit memberikan gambaran dan memotivasi teman-teman jobseeker dalam mencari kerja khususnya melalui platform Jobstreet.

Tips dan Trik Melamar Kerja di Jobstreet

Banyak sekali situs pencari kerja yang ada di Indonesia mulai dari Kalibrr, LinkedIn, KarirHub Kemnaker, dll. Namun satu yang selalu menjadi pilihan para jobseeker tidak lain adalah Jobstreet. Didirikan di Malaysia pada tahun 1997, kini Jobstreet menjadi perusahaan ketenagakerjaan online terbesar di Asia Tenggara, menurut Forbes.

Mendapatkan pekerjaan di Jobstreet menurut saya gampang-gampang susah. Sejak lulus kuliah di tahun 2019 lalu mungkin sudah ada ribuan lowongan pekerjaan yang sudah saya apply di Jobstreet, terkesan lebay dan berlebihan tapi memang begitulah kenyataannya. Dari sekian ribu lowongan yang saya lamar hanya ada beberapa saja yang diproses untuk lanjut ke tahap berikutnya entah itu psikotest atau wawancara. Sempat putus asa dan ingin berhenti untuk apply di Jobstreet namun hati berkata lain, saya terus coba melamar setiap lowongan pekerjaan setiap harinya hingga pada akhirnya saya mendapatkan pekerjaan dari Jobstreet dan menjadi pekerjaan saya sampai dengan saat ini.

Tips dan Trik Mendapatkan Pekerjaan di Jobstreet

  • Isi Profil atau Data Diri Sebaik Mungkin

Jika ingin mendapatkan pekerjaan di Jobstreet yang terpenting adalah teman-teman harus mengisi profil atau data diri selengkap dan sebaik mungkin. Mulai dari foto profil, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, skill, dll harus teman-teman lengkapi. Jangan sampai apply lowongan pekerjaan dengan profil yang masih acak-acakan atau seadanya karena hal tersebut akan membuat profil sulit dilirik oleh perusahaan. Jadi buat teman-teman yang profilnya masih belum baik ayo segera perbaiki.

  • Lamar Pekerjaan Sesuai Dengan Skill Yang Dimiliki

Selanjutnya, lamar pekerjaan yang persyaratannya sesuai dengan diri teman-teman alias tahu diri. Misal ada suatu lowongan pekerjaan dengan syarat harus menguasai skill di bidang kelistrikan, jika kalian tidak memiliki skill di bidang tersebut maka jangan coba-coba untuk melamar karena kemungkinan untuk lanjut ke tahapan selanjutnya sangatlah kecil atau jika lanjut ke tahap selanjutnya pun teman-teman akan mengalami kesulitan karena tidak menguasai keahlian tersebut.

Lain hal nya jika di persyaratan terdapat minimal bekerja di bidang tertentu selama 2 tahun, sedangkan kalian baru bekerja di bidang itu selama 1 tahun. Jika menghadapi situasi tersebut maka lamarlah pekerjaan itu, saya sudah membuktikannya dan cukup banyak perusahaan yang melanjutkan ke proses selanjutnya.

  • Manfaatkan Fitur Promosikan Diri Anda

Lalu yang tidak kalah penting adalah manfaatkan fitur “Promosikan diri Anda!”, setelah teman-teman mengklik tombol lamar maka akan langsung diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menulis summary atau ringkasan mengenai profil diri kalian. Manfaatkan fitur ini untuk menceritakan pengalaman serta keahlian yang kalian miliki, namun pastikan tidak lebih dari 300 karakter.

  • Sabar dan Jangan Terlalu Berharap

Yang terakhir adalah sabar dan jangan terlalu berharap, itu yang selalu saya lakukan. Ketika sudah melamar suatu pekerjaan maka langsung lupakan. Jangan langsung berfikir tentang berapa gaji yang akan diterima setelah bergabung nanti atau bagaimana suasana kerja di perusahaan tersebut, dan lain sebagainya. Pikirkan hal tersebut jika memang teman-teman sudah mencapai seleksi tahap akhir, karena jika dipikirkan di awal saya rasa belum waktunya dan cenderung akan merasa kecewa jika tidak diterima.

Kesimpulan

Keempat hal tersebut sudah saya lakukan dan cukup ampuh untuk mendapatkan pekerjaan di Jobstreet. Tentunya faktor lain yang tidak kalah penting yaitu adalah keberuntungan. Karena orang pintar akan kalah dengan orang yang beruntung, itulah yang saya rasakan. Semoga teman-teman jobseeker yang membaca postingan ini bisa segera mendapatkan pekerjaan impian. Sekian pembahasan kita kali ini, jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan berkomentar dibawah.

Sumber Gambar: Photo by Marten Bjork on Unsplash

Posting Komentar untuk "Ini Cara Saya Untuk Mendapatkan Pekerjaan Dari Jobstreet"