Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes Lapangan AO PNM Mekaar Ngapain Aja Sih? Simak Infonya Disini

Tes Lapangan (TL) di PNM Mekaar - Tes Lapang atau biasa disingkat menjadi TL merupakan suatu proses seleksi tahap akhir di PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Baik Account Officer (AO) ataupun Finance Administration Officer (FAO) pasti akan melalui tahapan ini sebelum resmi bergabung menjadi karyawan di PNM. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tahapan TL untuk posisi Account Officer atau AO saja. Informasi yang saya sampaikan disini murni berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika masih bekerja di PNM, apabila ada yang kurang berkenan atau ada informasi yang terbaru mari kita berdiskusi di kolom komentar.

Tes Lapangan AO PNM Mekaar

Tahapan Tes Lapang AO PNM Mekaar

Tes Lapangan pada umumnya dilakukan selama lebih dari satu hari, bisa tiga atau lima hari tergantung kebijakan masing-masing wilayah. Selama jangka waktu tersebut teman-teman akan dibekali ilmu dan juga pemahaman terkait dengan tugas yang akan dilakukan ketika nantinya sudah resmi diterima. Saya akan coba jelaskan kegiatan di setiap harinya sebagai berikut:

Tes Lapangan Hari Pertama

Di hari pertama, teman-teman akan diberikan materi terkait dengan profil perusahaan, jobdesk, dan juga pengenalan mengenai ketentuan dan proses kerja di PNM Mekaar. Materi di hari pertama biasanya akan dijelaskan secara langsung oleh Kepala Cabang atau Senior Account Officer (SAO). Manfaatkan hari pertama ini untuk menggali informasi sebanyak mungkin dan yang terpenting jangan sungkan untuk bertanya.

Tes Lapangan Hari Kedua

Lanjut di hari kedua biasanya teman-teman TL akan langsung terjun ke lapangan untuk melihat proses pembiayaan secara langsung mulai dari melakukan sosialisasi hingga penagihan uang angsuran. Simak baik-baik setiap prosesnya karena itulah yang nantinya teman-teman akan kerjakan ketika sudah resmi bergabung menjadi karyawan. Untuk yang ingin mengetahui lebih detail terkait jobdesk seorang Account Officer (AO) teman-teman bisa simak disini (baca: Perbedaan Tugas AO dan FAO di PNM).

Tes Lapangan Hari Ketiga

Di hari ketiga kegiatannya masih sama seperti dengan hari kedua, yang membedakan adalah di hari ketiga ini teman-teman akan melakukan proses tanya jawab dengan Kepala Cabang. Selama melaksanakan kegiatan Tes Lapang di hari kedua dan ketiga teman-teman akan didampingi oleh AO, SAO, dan Kepala Cabang di setiap kegiatannya sehingga tidak usah khawatir akan dilepas begitu saja. Yang terpenting adalah teman-teman harus menggali informasi sebanyak-banyaknya dan jangan sungkan untuk bertanya karena itupun akan menjadi bagian dari penilaian akhir dari segi keaktivan.

Setelah semua kegiatan Tes Lapang selesai, di hari itu juga teman-teman akan menghadapi semacam tes wawancara dengan Kepala Cabang. Di tahap ini teman-teman akan ditanya terkait dengan kegiatan yang sudah dilakukan selama tiga atau lima hari kebelakang. Kepala Cabang juga akan menanyakan terkait proses bisnis, ketentuan, dll yang berhubungan dengan Mekaar. Oleh karena itu seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya teman-teman wajib memahami setiap proses ketika TL.

Untuk hasil lolos atau tidaknya biasanya akan langsung diinfokan saat itu juga, namun hal ini kembali lagi kepada kebijakan masing-masing wilayah. Setelah dinyatakan lolos maka keesokan harinya teman-teman bisa langsung masuk untuk bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama proses TL kemarin.

Nah itulah pembahasan mengenai Tes Lapangan AO di PNM Mekaar. Jika teman-teman ingin mengetahui berapa gaji yang didapatkan AO di PNM bisa simak penjelasan saya di (baca: Inilah Gaji AO di PNM). Sekian pembahasan kita kali ini, jika ada yang masih belum paham atau ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah. Terima kasih.

Sumber Gambar: Ilustrasi Tes Lapang PNM Mekaar (Photo by Ben Mullins on Unsplash)

Posting Komentar untuk "Tes Lapangan AO PNM Mekaar Ngapain Aja Sih? Simak Infonya Disini"