Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas dan Tanggung Jawab FAO di PNM Mekaar

Tugas FAO PNM Mekaar - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tugas serta tanggungjawab dari seorang Finance Administration Officer atau yang biasa disingkat FAO di PT Permodalan Nasional Madani (PNM). FAO merupakan salahsatu jabatan yang ada didalam struktur organisasi Kantor Cabang Mekaar yang secara garis besar jobdesk-nya banyak berkaitan dengan hal-hal administrasi dan penginputan data.

Tugas FAO di PNM Mekaar

Pada umumnya jumlah FAO di suatu cabang adalah dua orang, namun hal ini bergantung juga pada total nasabah kelolaan di cabang tersebut. Sebagai contoh untuk cabang yang baru saja dibuka bisa jadi hanya memiliki satu FAO karena kelolaan nasabahnya masih belum terlalu banyak. Jabatan ini cocok untuk teman-teman yang senang bekerja didalam ruangan dan memiliki keahlian di bidang komputer. 

Keahlian yang saya rasa harus teman-teman miliki untuk menjadi seorang FAO yaitu kemampuan menggunakan Aplikasi Microsoft Office (Word dan Excel) serta paham beberapa rumus/formula dasar seperti vlookup, hlookup, pivot, dll karena setiap harinya pasti akan menghadapi pekerjaan yang dituntut untuk menggunakan formula tersebut. Selain skill di bidang komputer teman-teman juga harus memiliki ketelitian dan fokus yang tinggi agar terhindar dari kesalahan input dan hal lainnya yang berkaitan dengan human error.

Apa Saja Tugas FAO PNM Mekaar

Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas mengenai perbedaan tugas antara AO dan FAO di PNM Mekaar dan sudah menyinggung sedikit terkait tugas dari FAO. Namun kali ini saya akan coba untuk menjelaskannya lebih detail dan rinci. Perlu teman-teman ketahui saya pernah bekerja di posisi ini sehingga apa yang saya tuliskan disini murni berdasarkan pengalaman pribadi. Menurut saya ada tiga tugas utama dari seorang FAO yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Input dan Pengarsipan Data

Tugas FAO yang pertama adalah melakukan penginputan dan pengarsipan data. Setelah teman-teman Account Officer (AO) mendapatkan data calon nasabah maka tugas FAO adalah melakukan penginputan di sistem. Selain menginput data nasabah, FAO juga bertugas untuk menginput angsuran nasabah setiap harinya dan memastikan nominalnya sudah sesuai. Seperti yang saya sudah sampaikan diatas, teman-teman harus memiliki ketelitian yang tinggi untuk menghindari kesalahan input. Selain hal-hal yang berkaitan dengan sistem, tugas FAO juga melakukan pengarsipan data. Pastikan semua data tersusun dengan rapi agar jika suatu saat dibutuhkan akan mudah untuk mencarinya.

2. Membantu Kepala Cabang dalam Pelaksanaan Administrasi

Tugas yang kedua yaitu membantu Kepala Cabang dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi. Fungsi FAO di kantor cabang sangatlah penting karena ada beberapa tugas Kepala Cabang yang harus dilakukan berdua dengan FAO. Salah satu contohnya yaitu membantu pada saat penarikan dana pencairan dari Bank. Untuk contoh lainnya mungkin tidak bisa saya sampaikan disini karena sifatnya confidential.

3. Mengelola Petty Cash

Untuk tugas yang ketiga ini saya rasa sudah umum dilakukan oleh fungsi/bagian administrasi keuangan di perusahaan-perusahaan lain. Sama halnya dengan perusahaan lain, FAO di Mekaar juga bertanggungjawab untuk mengelola petty cash. FAO harus mencatat semua transaksi yang keluar ataupun masuk dan memastikan harus balance dengan sistem.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya tugas FAO di PT PNM Mekaar adalah melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi di Kantor Cabang Mekaar. Mungkin hanya tiga tugas saja yang bisa saya sampaikan, namun secara garis besar saya rasa sudah cukup untuk menggambarkan tugas sebagai seorang Finance Administration Officer.

Sekian pembahasan kita kali ini, apabila ada yang ingin didiskusikan atau ditambahkan terkait dengan pembahasan diatas silahkan untuk berkomentar dibawah.

Sumber Gambar: Photo by Emma Dau on Unsplash

Posting Komentar untuk "Tugas dan Tanggung Jawab FAO di PNM Mekaar"